FANDOM

Kuburan Edit

Doa ziarah kubur Edit

Larangan di kuburan Edit

Dari Jabir, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melarang mengapur kubur, duduk dan membangun di atasnya."[1]
Dari Abu Said, bahwasanya Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melarang membangun di atas kubur.[2]
Dari Ummu Salamah, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam melarang membangun di atas kubur atau mengapur."[3]
Abu Hurairah berkata menjelang wafatnya: Janganlah kalian bangun tenda di atas-(kuburan)ku dan janganlah mengikutiku dengan dupa serta segerakanlah (mengurus jenazah) aku karena sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Jika orang shaleh diletakkan di kerandanya, ia berkata, 'Segerakanlah aku, segerakanlah aku.' Dan jika orang jahat diletakkan di kerandanya, ia berkata, 'Celaka, ke mana kalian membawaku?'"[4]
Dari anak perempuan Abu Said al-Khudri, bahwasanya Abu Said berkata, "Janganlah kalian membangun tenda di atas-(kuburan)ku."[5]

Catatan Edit

  1. HR. Muslim (1610), Nasai (2000), Ibnu Majah (1552), dan Ahmad (13633, 13634, 14120).
  2. HR. Ibnu Majah (1553).
  3. HR. Ahmad (25344).
  4. HR. Ahmad (7573).
  5. HR. Ibnu Abi Syaibah (11749).

Rampaian Edit

Also on FANDOM

Random Wiki